Featured Post

Solusi Wisata Malang Batu Murah

Mencari solusi Wisata ke Malang Batu harga Murah karena budget terbatas, BISA. Bila memang Anda hanya dengan 2 anak Anda. Suami Istri dan ...

Thursday, November 10, 2016

Pesona Air Terjun Coban Rondo Pujon Malang

Tempat Wisata Air Terjun Coban Rondo. Tempat wisata yang berada di kabupaten malang ini banyak yang mengira tempat ini masuk dalam kawasan kota batu. 

Coban Rondo terletak 19 km dari Kota Batu yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sedikit cerita tentang Coban Rondo. 

Air Terjun Coban Rondo

Asal muasal nama dari Air Terjun Coban Rondo dari sebuah kisah cinta sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. 

Saat usia pernikahan mereka yang ke 36 hari ( orang jawa menyebutnya Selapan ), Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke rumah mertua di Gunung Anjasmoro. Berdasarkan adat Jawa, jika usia pengantin masih dibawah 36 hari, maka mereka tidak diperbolehkan meninggalkan rumah terlalu jauh. Karena itu, mereka dilarang untuk pergi ke Gunung Anjarwati oleh orang tuanya.

Namun, keduanya tetap berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Di tengah perjalanan, tiba-tiba muncul Joko Lelono yang ternyata terpesona oleh kecantikan Dewi Anjarwati. Raden Baron pun memerintahkan anak buahnya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sebuah lokasi Air Terjun (dalam bahasa Jawa disebut Coban). Raden Baron dan Joko Lelono bertempur hebat hingga keduanya pun tewas. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi Janda (dalam bahasa Jawa Rondo). Sejak saat itulah air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Coban Rondo.

Coba Rondo terkenal dengan airnya yang sangat dingin yang tidak dipunyai air terjun di tempat lain. Debit air yang sangat besar menjadikan coban rondo sangat dibanyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Dikala musim hujan, debit air bisa mencapai 150 liter per detik. Dan dikala musim kemarau debit air sekitar 80 liter per detik. 

Dikelilingi oleh pegunungan, menjadikan Coban Rondo sumber airnya tetap terjaga kebersihannya. Untuk dapat kesana bisa ditempuh dengan motor ataupun mobil pribadi. Biasanya pada waktu musim liburan, kawasan Coban Rondo dipadati wisatawan dari berbagai kota.

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo


Transportasi Umum
Untuk Anda yang berada di kota malang. Dari Terjosari / Stasiun Malang, bisa menggunakan angkutan tujuan Terminal Landungsari dan dilanjutkan menggunakan Bus tujuan Kediri atau Jombang. Turun di Patung Sapi Pujon, dari situ Anda bisa menggunakan sarana Ojek yang siap mengantar ke Coban Rondo. 

Kendaraan Pribadi
Untuk yang datang di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, bisa menggunakan layanan Sewa Mobil untuk lebih memudahkan penjemputannya di Bandara Malang. Untuk layanan Sewa Mobil di Malang bisa Anda cari lewat internet. 

Penginapan
Sekitar 5 km dari Coban Rondo tepatnya di daerah Songgoriti banyak tersedia Vila, Hotel, Penginapan untuk tempat istirahat Anda. Untuk harga berkisar mulai dari 75.000 an. 

Tempat Makan
Disekitaran areal parkir Coban Rondo banyak terdapat warung warung yang menyajikan masakan dan ikan air tawar khas bendungan selorejo. 

Oleh Oleh
Wisata tak lengkap tanpa oleh - oleh. Di Kota Batu dan Malang Oleh Oleh memang banyak disajakin. Di areal tempat parkir juga banyak tersedia warung juga menyediakan oleh oleh. 

Salam,